Hapus Ikon Mengganggu, Obeng dan Tang di Laman Blog

Obeng dan Tang (quick edit) adalah bentuk shortcut yang disediakan oleh para blogger bagi owner blog, bermanfaat untuk mempermudah pengeditan widget secara cepat dan langsung dari beranda blog tanpa harus melakukan edit widget melalui layout (page elements) pada blogger.

Icon obeng dan tang biasanya hanya dapat dilihat pada saat pemilik situs blog telah sign in atau masuk ke dalam blogger dengan akun miliknya, namun pengunjung tidak akan dapat melihatnya melainkan jika ia adalah pemilik sah dari blog tersebut.

Posisi obeng dan tang pada beranda blog bisa berada di mana saja, jika widget dipasang pada header blog, maka icon obeng dan tang akan tampil di header, demikian pula di sidebar ataupun di footer, semua itu sesuai letak dan susunan dari widget yang dipasang pada blog tersebut.

Cara Tepat Menghapus Obeng dan Tang di Blog

Terbayang tidak jika situs blog Anda akan terlihat kurang Optimasi dan Invalid HTML5 hanya gara-gara masalah icon obeng dan tang yang ada pada laman blog, untuk melihatnya silakan Anda cek saja di Chkme atau W3 Validator.

Meskipun icon kedua tersebut tidak bisa dilihat oleh visitor, tetapi sistem markup telah membuktikan bahwa dampak dari icon tersebut akan sangat merugikan para blogger. Itulah alasannya mengapa banyak para blogger yang menyembunyikan hingga bahkan melenyapkannya sampai tak berbekas.

Jadi, sebenarnya fungsi obeng dan tang pada laman blog tidaklah terlalu penting dan sudah dipastikan sangat buruk untuk Seo Friendly. Berikut ini merupakan cara yang benar dalam menghilangkan kedua icon tersebut.

Hapus Ikon Mengganggu, Obeng dan Tang di Laman Blog

Ada dua trik dan tips cara untuk menghilangkan obeng dan tang di blog berikut dibawah ini :
  • Pertama, hanya menyirnakannya saja.
  • Kedua, menghapusnya secara tuntas (permanen).
Langkah awal, login ke Blogger dan buka "Dashboard Blog",  masuk ke "Template" kemudian pilih "Edit HTML".

Langkah kedua, yaitu menyembunyikan atau menghilangkannya dengan cara menambahkan script berikut pada HTML blog, letakkan di sebelum kode ]]></b:skin> atau </style>.

.quickedit {
  display:none;
  visibility:hidden;
}

Langkah akhir, yaitu menghapus kode <b:include name='quickedit'/> pada HTML blog hingga keseluruhan (no remaining single).

Keterangan: Jumlah kode <b:include name='quickedit'/> sama dengan jumlah widget yang anda pasang pada blog.

Quick Edit

Simpan template dan lihat hasilnya, selesai. Semoga bermanfaat.

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

2 Komentar untuk "Hapus Ikon Mengganggu, Obeng dan Tang di Laman Blog"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF