Mengaplikasikan Cron Job Langsung di Google Drive

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat Cron Job, namun banyak di antaranya yang sudah mulai terlihat kuno alias ketinggalan jaman dan mungkin tak mampu bekerja secara baik lagi, maka dari itu pada artikel kali ini saya akan membahas tentang instruksi pembuatan cron job terbaru dengan menggunakan Google Drive.

Pada dasarnya Google Drive adalah sebuah layanan penyimpanan online yang dimiliki oleh perusahaan yang sudah terkenal di dunia, Google Inc., dan sejak diresmikan pada 24 April 2012 lalu hingga sampai sekarang ini, Google Drive masih terus ditananami dengan fitur yang unik dan terbaru sehingga dapat digunakan berbagai macam cara. Fitur yang bisa digaris bawahi dari Google Drive adalah API’s untuk para Developer Google. Contohnya seperti Google Document, Google Spreadsheet, Google Slide, Google Formulir, Google Apps Script dan masih banyak lagi.

Kembali ketopik utama yaitu Mengaplikasikan Cron Job Langsung di Google Drive, media pembuat cron job yang akan digunakan di sini merupakan Google Apps Script dari GDrive, atau yang biasa disebut dengan Google Skrip.

Kenapa harus menggunakan Google Apps Script? Karena selain mudah untuk dikelola, Google Apps Script juga digunakan secara gratis (selamanya) dan banyak kelebihan yang bisa diperoleh ada di dalamnya. Baiklah langsung saja ikuti cara pembuatannya di bawah ini.

Mengaplikasikan Cron Job Langsung di Google Drive

1. Masuk ke Google Drive dengan menggunakan akun google, kemudian pilih menu "Baru".

gdrive

2. Perlihatkan "Lainnya" dan lalu pilih "Skrip Google Apps".

gdrive2

3. Setelah berhasil membuka skrip Google Apps maka anda akan dibawa ke menu "Script Editor".

Jika muncul splash screen, klik "Tutup" untuk menutup konten tersebut. Centang box yang ada di samping Button Close untuk tidak lagi menampilkan splash screen.

gdrive3

4. Hapus semua kode yang ada pada text area (script editor), kemudian anda salin dan paste kode berikut ini sebagai gantinya.

    function cronExecute() {
    var url = "http://librasbr.com/cron.php";
    var options = {
    "method" : "get",
    "headers" : {'User-Agent' : 'Mozilla Firefox 14.0',
    'Accept-Charset' : 'ISO-8859-1,utf-8;q=0.7,*;q=0.7'
    },
    "payload" : "",
    "contentType" : "application/xml; charset=utf-8"
    };

    var request_starttime = new Date();
    var response = UrlFetchApp.fetch(url,options);
    var request_endtime = new Date();
    }

Keterangan: Ganti http://librasbr.com/cron.php dengan url untuk cron job Anda

5. Setelah itu, tekan CTRL + S pada keyboard untuk menyimpan perubahan atau klik ikon disket pada toolbar yang terletak di atas text area (script editor) atau tepat di bawah menu bar

gdrive4

6. Masukkan nama proyek baru, contoh "Cron Job" (tanpa tanda petik), klik "OK"


7. Klik countdown clock icon pada toolbar untuk mengatur waktu cron job yang akan diotomatisasikan. Misalnya, anda ingin cron job berjalan selama 5 menit sekali maka pengaturannya yang dibutuhkan adalah Every 5 Minutes, klik "Save" untuk menyimpan hasil pengaturan.

Kemudian anda akan melihat dialog peringatan "Authorization required This app needs authorization to run.", klik "Continue" untuk melanjutkan. Kemudian akan muncul new tab page (tab bagian baru) yang berjudul "Request Permission" (permintaan izin) akun google, klik "Terima" untuk menyetujuinya.

gdrive5

gdrive6

8. Tutup tab (close tab), kemudian tunggu dan lihat apakah cron job sudah benar-benar berjalan atau tidak. Cron job akan berjalan dengan jumlah menit, jam, hari dan bulan yang telah Anda tentukan.

Demikianlah artikel Mengaplikasikan Cron Job Langsung di Google Drive, semoga bermanfaat

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

10 Komentar untuk "Mengaplikasikan Cron Job Langsung di Google Drive"

avatar

pertamax nih lol
cron job itu apan yh gan
kurang mudeng nih

avatar

Cron job adalah sistem otomatisasi tugas yang dikerjakan berulang sesuai waktu yang telah dijadwalkan (perintah yang mengeksekusi script secara berulang)

avatar

Mantab nih gan artikelnya sangat membantu sekali :)

avatar

ganti http://librasbr.com/cron.php dengan url untuk cron job Anda
itu bagian itu saya kurang mengerti cara memanggil file yang kita upload di hostingannya
saya udh upload script di indhostinger

tolong jawabannya kirim ke gmail saya

avatar

Maksudnya adalah url domain beserta file yang berekstensikan .php

File tersebut umumnya diberi nama cron sehingga menjadi cron.php,
eksekusi pada public html dan contoh url saya tidak menggunakan sub directory atau file tidak berada di dalam folder tetapi di public html (home directory)

avatar

Oh iya gan, cara memasang script auto like pake cron job ini gmn?

avatar

apakah masih bisa mas ? saya coba kok gk work ya ?

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF