Pembahasan dan Cara Lengkap Mengenai Pengalihan/Redirect URL pada Blog

Ada beberapa alasan mengapa Anda mengalihkan URL. Anda mungkin telah pindah konten dari satu domain ke yang lain dan harus mengarahkan pengunjung dari alamat blog lama ke yang baru. Anda mungkin memiliki beberapa laman blog yang perlu dialihkan ke situs web atau laman blog lain. Atau anda mungkin perlu untuk mengarahkan sebuah domain tanpa 'www' ke alamat host yang tepat.

Pembahasan dan Cara Lengkap Mengenai Pengalihan/Redirect URL pada Blog

Di dalam pembahasan artikel ini merupakan sejumlah cara untuk membuat redirect URL pada blog. Mulai dari penerapan Meta Tag Refresh, JavaScript Redirect URL, hingga cara terakhir adalah 301 Redirect without 'www' ke custom domain 'www' dan url lama ke url yang baru. Berikut ini beberapa metode pengalihan url yang bisa anda gunakan sesuai yang diinginkan.

Meta Refresh (Meta Tag Refresh)

Fitur ini biasanya digunakan untuk merefresh atau mereload otomatis halaman. Refresh yang diberikan dapat berupa delay dan non delay (tergantung penggunaan bentuk atribut). Kurang lebih kode formalnya seperti ini:

<meta http-equiv="refresh" content="0"/>

Fitur kode di atas sebenarnya bukan redirect melainkan reload. Namun meta tag tersebut dapat berpotensi menjadi redirect apabila diberi URL. Sehingga menjadi:

<meta http-equiv="refresh" content="5;URL=http://www.librasbr.com">


Cara membuat Meta Tag Refresh:
Penerapan kode: Tempatkan di dalam <head>
  • Masuk atau Sing in ke blogger
  • Buka dasbor blog
  • Pilih template dan edit html
  • Cari dan letakkan di bawah kode <head> (tag meta ditambahkan ke bagian <head> laman HTML anda) umumnya tampak seperti dibawah ini:

    <!DOCTYPE html>
    <html>
      <head>
        <meta http-equiv="refresh" content="5;URL=http://www.librasbr.com"/>
        <meta charset="utf-8">
        <meta name="Description" CONTENT="Author: A.N. Author, Illustrator: P. Picture, Category: Books, Price:  £7.14, Length: 775 pages">
        <meta name="google-site-verification" content="sSdyWgLCOXsiYS0GngOwouR9tNWglw_9JAIL0GAfPq8"/>
        <title>Example Books - high-quality used books for children</title>
        <meta name="robots" content="noindex,nofollow">
    

Cara Membuat Redirect URL di Blog: Masuk Edit HTML

Cara Membuat Redirect URL di Blog: Menu Edit HTML

Keterangan: 5 adalah rentang waktu yang ditentukan untuk mengarahkan blog Anda ke URL http://www.librasbr.com. Sedangkan, bagi Anda yang tidak ingin menggunakan delay atau menyegerakan redirect tanpa penundaan waktu, ganti angka 5 dengan 0. Simpan template.

JavaScript Redirect URL

JavaScript Redirect merupakan alternatif dari meta refresh. Tetapi tidak dianjurkan, karena visitor mungkin telah menonaktifkan JavaScript di browser mereka.

Cara membuat JavaScript Redirect:
Note: Tempatkan di atas kode </head> atau </body>
  • Masuk ke Edit HTML
  • Cari kode </head> atau </body>, lalu salin dan letakkan kode berikut di atas kode tersebut (pilih salah satu, misalkan: </body>

    <script type="text/javascript">
    window.location="http://www.librasbr.com";
    </script>
    

    Cara Membuat Redirect URL di Blog: JavaScript Redirect
Meta tag refresh dan JavaScript lumayan sederhana. Namun belum tentu sempurna, apalagi bagi penggunaan 'Redirect URL' yang masih berada di dalam satu lokasi (internal domain).

Jika anda perlu mengalihkan URL ke halaman internal, sebaiknya gunakan 301 Redirect untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

301 Redirect

Redirect custom domain tanpa www ke host www.yourname.domain:
Apakah Anda menggunakan custom domain atau URL pihak ke-3? Dan belum mengerti bagaimana cara mengarahkan custom domain tanpa www ke alamat host www? Berikut instruksinya:
  • Buka dasbor blog
  • Pilih setelan
  • Masuk ke dasar
  • Klik edit pada alamat blog

    Cara Membuat Redirect URL di Blog: Primary Domain

  • Kemudian, beri centang pada checkbox Alihkan yourdomain.com ke www.yourdomain.com.  Klik simpan

    Cara Membuat Redirect URL di Blog: Primary Domain
Redirect URL lama ke URL baru:

Broken link/link hancur berasal dari halaman yang dulu pernah ada dan dirayapi. Namun, link halaman tersebut mungkin telah dihapus atau diperbarui. Broken link sudah pasti sangat tidak disukai oleh Google. karena selain pengunjung menemukan link yang tidak dapat diakses, broken link juga mengakibatkan banyak visitor berlarian.

Hal merugikan ini tentunya dapat mengurangi tingkat reputasi situs blog dan kepercayaan pengunjung, sehingga situs blog tersebut dapat dikategorikan sebagai sampah oleh Google.

Bahkan mungkin Googlebot/Spider tidak lagi mau merayapi blog tersebut untuk di-index ke laman search engine. Apalah arti sebuah blog tanpa Google. Maka dari itu, hal yang perlu Anda lakukan ialah menghapus link tersebut di Search Console (Removal Tool).

Kemudian untuk meminimalisir kekecewaan pengunjung, anda dapat menggunakan fitur redirect yang telah disediakan oleh blogger (jika anda mempunyai URL baru). Berikut cara penggunaanya.

Keterangan: Fitur ini dapat digunakan untuk redirect url dan redirect broken link.
  • Buka dasbor blog
  • Pilih setelan
  • Masuk ke preferensi penelusuran
  • Klik edit pada Pengalihan Khusus

    Cara Membuat Redirect URL di Blog: Pengalihan Khusus

  • Setelah mengeklik edit, anda akan melihat konsol pengalihan url. Terdapat dua kolom yang digunakan untuk meletakkan broken link (url lama) pada kolom pertama dan untuk meletakkan link tujuan (url baru) pada kolom kedua

    Cara Membuat Redirect URL di Blog: Pengalihan Khusus

    1. URL lama
    2. URL tujuan (baru)
    3. Check to freeze permanently

    Contoh:
    URL lama merupakan http://www.librasbr.com/2015/05/cara-mengalihkan-url-di-blog.html
    perlu diarahkan ke URL baru yaitu http://www.librasbr.com/2015/05/cara-membuat-redirect-url-di-blog.html

  • Masukkan URL lama dengan format penulisan yang dimulai dari tanda slash '/' sampai akhir URL. Sehingga didapatlah seperti ini: /2015/05/cara-mengalihkan-url-di-blog.html. Dan kemudian, pada URL tujuan anda tulis dengan format sama seperti di atas: /2015/05/cara-membuat-redirect-url-di-blog.html
  • Selanjutnya, klik centang pada checkbox permanen untuk memberikan perintah redirect permanen atau bagi anda yang sewaktu-waktu ingin mengubah bahkan membatalkan redirect sebaiknya tidak perlu dilakukan, cukup uncheck saja
  • Klik simpan, kemudian simpan perubahan untuk menyimpan hasil pengaturan yang telah anda buat
Anda dapat menambahkan pengalihan url lain dengan mengeklik 'Pengalihan baru'. Ada satu hal lain yang tidak boleh dilewatkan, yaitu menandai broken link sebagai telah diperbarui.

Sekian artikel Pembahasan dan Cara Lengkap Mengenai Pengalihan/Redirect URL pada Blog. Berikan pendapat dan masukan anda tentang artikel ini melalui komentar. Semoga bermanfaat.

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

15 Komentar untuk "Pembahasan dan Cara Lengkap Mengenai Pengalihan/Redirect URL pada Blog"

avatar

Thanks Gan Ijin Praktek Dulu....

avatar

Terima kasih juga, selamat mencoba. :)

avatar

tutorialnya bagus gan , mau ane praktekin ke blog

avatar

Menarik juga min, bisa mengalihkan url blog tanpa kehilangan visitor. Tenkiu min.. Salam baktos

avatar

Benar Mas, kualitasnya akan pindah ke situs yang diarahkan.

avatar

gan bagaimana caranya bikin redirect tapi link gak keliatan, jadi setiap orang klik di bagian mana aja langsung redirect. Mirip seperti pop up dari layanan iklan2 gitu gan, tapi ini untuk link blog sendiri.

avatar

Maaf. cara tersebut tidak diperbolehkan oleh Google.

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF