Cara Cepat Cek Broken Link di Siteliner.com

Broken link bisa menjadi masalah bagi para pengguna dari sebuah situs web karena mereka tidak dapat mengakses halaman yang diinginkan dan memutuskan untuk beralih ke situs lain demi mencari informasi atau layanan yang dibutuhkan. Sebuah situs yang umumnya belum diperbaharui atau di update secara tepat dengan waktu lama mungkin nyata menderita link rot, yang merupakan istilah untuk menggambarkan situs dengan puluhan broken link (link rusak).

Cara Cek Broken Link di Siteliner.com

Deskripsi singkat broken link telah diulas di artikel sebelumnya. Ada sejumlah alasan mengapa broken link bisa muncul dan menginfeksi situs, kemungkinan dari satu atau lebih penyebab di bawah ini.
  • Pemilik situs keliru ketika memasukkan URL sehingga link tidak tepat (sebaiknya lebih diperhatikan agar tidak terjadi).
  • Situs tujuan secara permanen telah pindah atau tidak lagi ada (dihapus).
  • Situs tujuan tidak memiliki protokol transmisi data dengan keamanan (HTTPS), kebanyakan situs web menggunakan protokol HTTP sehingga penulisan URL yang efektif dan benar adalah menggunakan HTTP.
  • Pengguna memiliki perangkat lunak atau berada di belakang firewall yang mencekal (blok) ke situs tujuan.

Bagaimana cara mengetahui jumlah serta keberadaan broken link?

Apabila Anda merasa kesulitan dalam menemukan atau mengecek broken link. Padahal, sementara Anda telah mempelajarinya tetapi tidak dapat memahami secara jelas cara penerapannya. Artikel ini menyediakan cara cepat cek broken link menggunakan Siteliner.com.

Siteliner.com merupakan situs analisis secara gratis dan cepat dari seluruh situs web anda yakni duplikat konten, broken link, internal page rank, pengalihan, dan banyak lagi. Siteliner juga dapat membuat sitemap XML.

Dengan ini, proses analisa atau pengecekan lebih praktis dan mudah dipahami. Siteliner memeriksa semua link internal di situs Anda untuk memastikan semuanya bekerja, dan menyoroti link yang rusak sehingga Anda dapat memperbaikinya dengan mudah.

Cara cek broken link di Siteliner.com:

Langkah 1: Pergi ke Siteliner.com, Anda akan melihat langsung tampilan home page Siteliner seperti gambar thumbnail artikel ini. Isi kolom dengan alamat website atau blog Anda, misalnya: http://www.librasbr.com. Klik 'Go'.

Langkah 2: Setelah proses pemuatan berhasil, Anda akan dibawa menuju ke halaman report. Pada halaman tersebut, terdapat main menu yang terdiri dari beberapa pilihan. Karena kita hanya perlu mengetahui broken link website, maka klik 'Broken Links'.

Go to Broken Links
klik gambar untuk melihat mode penuh

Langkah 3:  Angka apakah yang ada di sebelah kanan tulisan Broken Links? Jawabnya, itulah jumlah keseluruhan broken link yang ditemukan di situs web Anda. Broken Links Out adalah jumlah link yanag rusak akan tampil di halaman. Kemudian, untuk melihat broken link pada halaman silakan klik baris dalam tabel.

Selected Broken Links
klik gambar untuk melihat mode penuh

Note: Layanan Siteliner gratis terbatas, Anda hanya bisa melihat 250 halaman hasil scan dan update selama 30 hari sekali terkecuali untuk premium services Anda bisa mendapatkan hingga 25.000 pemindaian halaman dengan waktu update berkala.

Langkah 4: Setelah itu, Siteliner akan memperlihatkan dimana dari posisi broken link. Broken link sudah disorot dengan warna merah seperti ketika anda menemukan hasil teks dari CTRL+F. Namun, yang menjadi perbedaan hanya pada warna penandanya, jika di browser berwarna jingga dan kuning maka di sini berwarna merah. Gerakkan mouse ke arah lain untuk mencari broken link yang telah ditandai.

All page not found
klik gambar untuk melihat mode penuh

Langkah 5: Terakhir, anda hanya harus memperbaiki format URL tersebut dengan alamat yang tepat.

Meskipun ini merupakan alternatif dari Google Webmaster Tool, Siteliner.com tetap memberikan kemudahan dalam menemukan broken link. Sekian dulu artikel Cara Cepat Cek Broken Link di Siteliner.com, semoga bermanfaat.

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

2 Komentar untuk "Cara Cepat Cek Broken Link di Siteliner.com"

avatar

wah mantep gan, ane baru tau malah ini
izin praktek gan bnran nih :D

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF