Trik Terbaru Mengubah Template Blog Menggunakan XML

Template adalah suatu dokumen berisi model atau rancangan yang akan dimuat dan ditampilkan oleh sistem tertentu. Apabila anda merupakan seorang blogger, jelas mengerti apa yang dimaksud template dan apa kegunaanya.Media penyedia blog gratis seperti Blogger.com juga menyiapkan sejumlah template gratis yang bisa digunakan untuk para penggunanya. Berbagai desain template asli blogger pada dasarnya terlihat sangat dinamis dan bersih.

Kamu dapat menemukan lebih dari satu tema. Mulai dari kesan sederhana, tema kehidupan, sampai dengan bentuk yang bergaya. Akan tetapi, bagi anda yang kurang tertarik atau bosan dengan desain template tersebut, kamu pun dapat memilih sendiri template lain yang diinginkan. Blogger memfasilitasi pengaturan template secara penuh untuk menunjang wawasan anda dalam melakukan teknik desain antara lain Anda bebas mengatur jenis font, warna, latar dan lain sebagainya.

Trik Mantap Ubah Template Blog Menggunakan XML

Modifikasi template juga dapat dilakukan dengan cara mengunggah file berupa template dengan format XML ke dalam ruang penyimpanan hard drive milik anda.

Langkah yang harus dilakukan pun sangat mudah, kamu mungkin sudah bisa menguasai hal tersebut hanya dalam hanya sebentar. Kepada Blogger pemula, sepertinya tidak akan terbebani dengan ini karena Anda tidak perlu repot-repot mendesain template sendiri (butuh keahlian khusus untuk memperoleh hasil yang maksimal), template-template berbobot tinggi dapat diunggah ke Blog kamu secara gratis dan mudah.

Kamu dapat mencarinya melalui search engine seperti Google Search, pilih dan pilah template mana yang cocok untuk diterapkan ke Blog milik anda. Setelah menemukan template yang sesuai ke inginan mu, pastikan dokumen tersebut bermuatan file template blog dengan format XML, lalu simpan dan ekstrak (jika Archive).

Template XML sudah tersedia, kemudian tahap berikutnya ialah meng-upload (unggah) file tersebut ke Blog.

Mengunggah template .XML ke dalam Blog

Pertama kamu masuk ke Blogger dengan Akun Google milik anda. Masukkan e-mail  tekan berikutnya dan kemudian kata sandi di bagian kolom yang telah tersedia. Tekan tombol 'Masuk'.

Masuk ke Akun Blogger

Masuk ke Akun Blogger

Halaman tersebut akan menampilkan proses pemuatan ke akun Blogger milik anda. Setelah berhasil, maka secara otomatis anda diarahkan ke laman Daftar Blog. Pilih blog mana yang kamu inginkan dan ubah templatenya. Arahkan pointer tepat pada icon yang bakal menampilkan menu dropdown.

Di menu tersebut, pilih 'Template'.

Setelan Template

Selanjutnya,kamu dapat melihat tampilan laman setelan template. Fungsi daripada opsi ini merupakan untuk mengatur isi dan struktur tampilan template blog, menambah berbagai aset blog melalui 'Edit HTML', dan lain sebagainya.

Namun, yang kita perlukan saat ini ialah merubah template dengan file XML. Di sisi sudut atas laman, tampak tombol bertajuk 'Cadangkan/Pulihkan'. Dengan mengeklik tombol tersebut, maka kamu akan dibawa memulai tahap pengunggahan file XML untuk mengganti template.

Cadangkan Pulihkan Template

Muncul kotak dialog berupa dua pilihan untuk setelan Cadangan/Pulihkan template antara lain simpan terlebih dahulu template sekarang atau langsung meng-upload file template. Apabila kamu ingin menyadangkan template lama, maka sebaiknya sisihkan saja atau jika tidak lanjut ke tahap pengunggahan template.

Klik tombol 'Telusuri' dan cari di mana Anda menyimpan dokumen template XML. Pilih dan klik 'Open'.

Unggah Berkas Template

Setelah kamu mengeklik tombol 'Open', berikutnya klik tombol 'Unggah'.

Unggah Berkas XML

Tunggu proses pemuatan template and selesai memuat, jika sudah lihat tempalte blog milik anda apakah tampilan sudah benarberubah seperti yang anda inginkan. Sekian dulu artikel Trik Terbaru Mengubah Template Blog Menggunakan XML. Semoga bermanfaat

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

7 Komentar untuk "Trik Terbaru Mengubah Template Blog Menggunakan XML"

avatar

dari Uc browser kok gak bisa, ya?
damn

avatar

Mungkin sistem operasi atau browser yang Anda miliki kurang kompatibel, lebih baik dicoba melalui PC.

avatar

,,thanks for yur information,,,so helpful!!!

avatar

pak , share template yang agan pakek donkk

avatar

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF