5 Tips Makan Makanan Sehat untuk Penyembuhan Maag

Saya akan memberitahukan sedikit pengalaman saya tentang penyakit maag serta memberikan solusi untuk menangani penyakit maag dengan sejumlah jenis makanan.

Seperti yang kita ketahui, nyeri lambung (maag) adalah peradangan di sekitar dinding perut. Penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H. Pylori), bakteri yang diketahui menyebabkan timbulnya sakit maag dan bahkan disebut sebagai penyebab utama kanker perut.

Ilustrasi brokoli hijau yang menyehatkan

Selain itu, faktor makanan dan pola makan dapat mempengaruhi datangnya penyakit ini, seperti yang pernah saya alami. Penyakit maag ini awalnya datang karena pola makan yang tidak teratur. Menurut ibu saya, penyakit maag sangat mudah untuk datang karena penyakit ini turun-temurun dalam keluarga kami. Namun, saya tidak bisa percaya dan meremehkan perkataan ibu. Sampai tiba saatnya saya tidak mempedulikan dan melupakan kata-kata dari ibu serta tidak memperhatikan pola makan. Penyakit maag akhirnya datang pada saya, rasa sakit dan mulas terus menyerang perut. Tidak bisa dibayangkan, kecerobohan saya dalam pola makan yang tidak teratur menyebabkan gejala penyakit ini sering saya rasakan jika tidak tepat waktu dalam makan makanan.

Para pembaca, pengalaman ini membuat saya selalu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan mengambil waktu yang tepat untuk makan. Penyakit ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan tertentu. Ada sejumlah studi yang mengungkapkan jika kita makan makanan tertentu akan membantu proses penyembuhan penyakit maag. Berikut: 5 tips makan makanan sehat untuk penyembuhan maag.

1. Sayuran hijau


Sayuran hijau dipercaya memiliki sumber vitamin, terutama vitamin A, C, K, zat besi, kalsium, asam folat, dan mineral. Sumber vitamin dan mineral dari sayuran sangat baik untuk proses penyembuhan nyeri lambung (maag), terutama untuk penyakit tukak lambung. Jenis sayuran hijau ini termasuk bayam, brokoli, kubis, kacang polong, dan kacang-kacangan. Makanan ini lebih baik dimasak dengan cara direbus, seperti saran dari ibu saya.

2. Makan makanan yang kaya flavonoid


Flavonoid merupakan jenis antioksidan penangkal radikal bebas. Senyawa flavonoid biasa ditemukan pada tanaman seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan yang kaya akan flavonoid dapat mencegah dan menyembuhkan sakit maag. Contoh makanan yang mengandung flavonoid adalah bayam, paprika, labu, dan kale.

3. Sumber protein rendah lemak
Salah satu manfaat dari protein adalah membantu untuk mengontrol hormon pencernaan. Mengonsumsi protein akan membantu penyembuhan nyeri lambung dan tukak lambung. Sumber protein yang tinggi dan dikenal memiliki kandungan rendah lemak dapat ditemukan dalam kacang-kacangan seperti kedelai. Kedelai adalah salah satu makanan yang sering diolah menjadi susu, yogurt, dan sebagainya. Tidak hanya kedelai saja, susu rendah lemak, daging rendah lemak, ikan, kacang-kacangan, dan yogurt rendah lemak juga memiliki protein tinggi dan rendah lemak.

Mengapa yogurt? Yogurt rasanya asam dan tidak baik untuk perut, bukan? Jangan takut karena sekarang tersedia yogurt yang tidak memiliki rasa asam dan tersedia berbagai rasa. Cari di minimarket atau supermarket terdekat.

4. Menghindari rokok dan kafein


Sebenarnya saya bukan seorang perokok, tetapi ayah saya adalah perokok aktif. Selain perokok, ayah saya sering minum kopi. Apa yang terjadi jika zat berbahaya dari rokok dicampur dengan kafein? Tentu saja kombinasi ini akan menyebabkan penyakit berbahaya jika sering dikonsumsi. Namun, setelah ayah saya tahu bahwa secangkir kopi bersama dengan rokok dapat membahayakannya, ia kemudian sempat menghentikan kebiasaan ini.

Bagi Anda yang menderita nyeri lambung (maag) dan tidak ingin menjadi lebih buruk lagi maka tinggalkanlah jauh-jauh rokok dan kopi untuk cepat sembuh.

5. Menjauhi makanan pedas


Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan peningkatan asam lambung. Makanan ini mungkin termasuk makanan dan minuman pedas seperti cabai, lada hitam, kari, kopi, alkohol, dan cokelat.

Semoga informasi mengenai 5 tips makan makanan sehat untuk penyembuhan maag dapat membantu Anda. Ayo semangat dan berusaha untuk sembuh dan bebas dari penyakit. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pembaca karena telah berkunjung ke situs ini.
Tag: Health

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "5 Tips Makan Makanan Sehat untuk Penyembuhan Maag"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF