Jika Belum Makan, Jangan Kerjakan Tujuh Hal Ini

Ketika kondisi perut belum terisi alias kosong seperti di pagi hari, sejatinya sarapan adalah cara yang harus dilakukan untuk mengatasi perut yang sedang kosong. Setelah kita beranjak dari tempat tidur untuk bangun, tubuh memang tidak lagi mencerna makanan karena selama tidur tubuh melakukan aktivitas pencernaan makanan dan menyerap energi atau zat pada makanan yang telah dikonsumsi sebelum tidur.

Jika perut tidak segera diisi dengan makanan, maka tubuh pastinya akan kekurangan energi dan cepat merasa letih. Makanya, kita dituntut agar sarapan terlebih dahulu di pagi hari sedini melakukan aktivitas di dalam atau di luar rumah.

Ilustrasi minum kopi di taman

Adapun hal yang tidak boleh dilakukan saat perut sedang hampa tanpa makanan sebab dapat memicu datangnya hal yang berbahaya bagi tubuh. Situasi perut yang sedang asam tidak boleh dicampuradukkan dengan zat-zat dan hal-hal yang lazim dilakukan saat setelah perut terisi.

1. Olahraga
Pagi hari memang waktu yang pas untuk melakukan aktivitas seperti olahraga. Namun, hal ini sangat tidak dianjurkan saat Anda belum makan karena tidak lain otot dipaksa layaknya lemak, sementara lemak tidak.

2. Mengonsumsi panganan pedas
Makanan yang bersifat pedas dan panas akan mudah membangkitkan nyeri lambung Anda. Simpan makanan jenis ini terlebih dahulu dan pilih makanan yang aman untuk perut Anda di saat sarapan.

3. Makan tomat
Tomat terkenal dengan rasa asam. Jadi, makan tomat tidak cocok untuk makan pagi (sarapan). Jika Anda memakan tomat untuk mengawali santapan di waktu pagi hari tentu perut yang sedang asam akan semakin asam.

4. Minum kopi dan teh
Hal ini umum dilakukan oleh orang-orang karena anggapan mereka terlalu kuat terhadap minum minuman yang kaya manfaat seperti kopi dan teh. Saat perut sedang dalam keadaan kosong, minum kopi dan teh sebaiknya jangan dilakukan karena dapat menyebabkan turunnya keselarasan hormon tubuh. Akibatnya, kita akan mudah merasakan tekanan (stres).

Mendahulukan minum air putih yang hangat merupakan hal yang paling bagus daripada minum kopi dan teh.

5. Minum minuman ringan
Janganlah meminum minuman ringan seperti soda ketika belum makan baik sarapan pagi ataupun belum makan di waktu lain. Jika asam pada soda berbaur dengan asam pada lambung maka akan menimbulkan radang di usus.

6. Makanan yang kaya magnesium
Pisang adalah salah satu makanan yang memiliki kadar mineral magnesium paling banyak. Diketahui apabila magnesium dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan hal berbahaya seperti penurunan tekanan darah, melemahnya peran ginjal (hipotensi), dan lain sebagainya.

7. Alkohol
Bahaya alkohol bagi kesehatan memang sudah terdengar oleh seluruh orang di dunia. Mengonsumsi alkohol ketika perut sedang kosong akan membuat usus panas bagaikan dipanggang. Itulah salah satu alasan kenapa alkohol disebut risiko besar (pemberi efek buruk) untuk tubuh.

Nah, semoga para pembaca yang telah melihat tujuh hal tadi akan mengerti mana yang sebaiknya dilakukan ketika belum makan atau perut sedang kosong.
Tag: Health

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Jika Belum Makan, Jangan Kerjakan Tujuh Hal Ini"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF