Perbaiki Cara Masak Makanan untuk Keluarga Tercinta

Bagi Anda yang senang membuat dan menyajikan makanan untuk keluarga tentu menanti hal yang paling ditunggu-tunggu yaitu makan bersama. Sebelum memasak makanan untuk keluarga, Anda perlu mengatur segala keperluan seperti mempersiapkan bahan-bahan makanan dan benda-benda seperti alat pemotong (pisau), alas pemotong, dan lain sebagainya.

Selain bahan-bahan dan alat-alat, Anda juga perlu menggunakan metode memasak yang akurat untuk membuat makanan yang dikonsumsi tetap sehat bagi tubuh. Adapun jika metode memasak yang dilakukan tidak benar, maka kemungkinan gizi dari makanan tersebut akan hilang. Makanan-makanan memiliki ukuran dan waktu yang berlainan untuk mencapai tingkat kematangan yang sempurna. Suhu normal yang dapat menjadi acuan memasak ialah sekitar 75°C. Suhu ini memungkinkan bakteri penyebab keracunan akan lenyap. Manfaatkan thermometer untuk mengetahui suhu di dalam masakan yang sedang dimasak.

Pada saat memasak daging, ayam, dan nugget perhatikanlah tingkat kematangannya sampai menyeluruh atau sama rata ke seluruh bagian hingga tidak lagi terdapat warna kemerahan. Daging ikan yang matang sempurna akan mudah dikupas kulitnya dari daging. Makanan yang diolah dari bahan telur seperti telur mata sapi dan puding harus dimasak secara matang sempurna hingga keseluruhan.

Namun, untuk sayuran Anda bisa mengolahnya dengan cara apa pun selain digoreng. Yang menjadi prioritasnya adalah sayuran harus banyak dikonsumsi dan bermacam-macam.

Salad

Teknik memasak yang kerap digunakan adalah menumis. Dalam menumis waktu yang diperlukan cukup singkat dan terbilang mudah. Selain itu, menumis dapat menghemat penggunaan minyak berlebih. Panaskan penggorengan terlebih dahulu, lalu tempatkan minyak sampai rada panas sedini memasukkan sayuran supaya waktu memasak tidak terlalu lama. Setelah dirasa cukup panas barulah taruh sayuran tersebut. Waktu masak tidak dapat diperkirakan secara jelas karena bergantung pada jenis sayur dan tingkat keempukan sayur tersebut. Optimalkan warna sayuran tersebut agar tetap terlihat cerah dan tidak terlihat sangat layu.

Waktu matang untuk makanan sangat beragam, tergantung faktor bahan-bahan, alat bantu masak yang Anda gunakan, suhu, dan lain sebagainya. Adapun metode memasak yang bagus dan cocok untuk Anda agar memperoleh masakan yang sehat bagi tubuh dan tetap terjaga keamanannya.

Cara menjaga nilai gizi makanan yang dimasak

  • Bersihkan atau cuci alat dan bahan dengan baik sebelum memasak agar terhindar dari kotoran berbakteri
  • Atur cara masak Anda dengan benar, paling tidak temperature di dalam makanan yang sedang dimasak mesti mencapai 75°C ataupun lebih
  • Manfaatkan thermometer untuk memantau suhu masakan yang Anda masak
  • Makanan dengan bahan dasar telur harus dimasak hingga matang keseluruhan
  • Apabila Anda memasak dengan microwave open, jagalah agar makanan matang secara merata
  • Ademkan makanan yang sudah selesai dimasak dan cepat taruh makanan tersebut di tempat yang aman
  • Pada saat Anda menghangatkan kembali makanan, masak hingga panas naik (melonjak)

Itulah metode memasak makanan dengan benar untuk keluarga yang Anda sayangi. Dengan teknik memasak makanan seperti tadi, Anda dan keluarga akan selalu sehat dan bahagia.
Tag: Health

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Perbaiki Cara Masak Makanan untuk Keluarga Tercinta"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF