Safety Check Facebook Menyala untuk Menolong Warga Kota Paris

Teror mengerikan terjadi di kota Paris kemarin malam, Jumat (13/11) menggemparkan netizen. Lebih dari 150 orang dinyatakan tewas dan ratusan lainnya mengalami luka-luka. Di antaranya 118 orang telah dibantai dan ratusan orang lainnya dirawat demi mendapat pertolongan medis.

About Facebook Safety Check

"Sedikitnya 153 orang tewas di kota akibat penembakan dan pemboman," ujar para pejabat Perancis seperti lansiran Librasbr.Com, Sabtu (14/11/2015). Saint Denis adalah balai stadion nasional di mana pertandingan sepak bola sedang diselenggarakan.

Mengenai kejadian mematikan ini, Mark Zuckerberg, Chief Executive Officer (CEO) Facebook mengungkapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya.

Kiriman Mark Zuckerberg di Facebook tentang pengaktifan fitur Safety Check Facebook

Di dalam kirimannya, Mark Zuckerberg menjelaskan kalau timnya telah mengaktifkan fitur Safety Check. Fitur ini memungkinkan untuk menandai keadaan Anda atau teman dan keluarga yang berada di Paris. Jadi jika Anda atau teman dan keluarga dalam keadaan baik-baik saja, maka tandai mereka dengan memilih pernyataan selamat.

Atas perhatiannya itu, ribuan orang berterima kasih dengan apa yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg ini. Kiriman itu diketahui telah mendapatkan lebih dari 250 ribu suka dan dibagikan lebih dari 25 ribu warga Facebook.

Fitur Safety Check oleh Facebook sebetulnya tidaklah fitur yang baru diluncurkan. Fitur ini pertama kali diaktifkan atau dirilis ketika telah terjadi gempa besar di wilayah Nepal, Sabtu (25/04/2015). Akibat dari kejadian yang melanda Nepal itu, ribuan jiwa dinyatakan melayang dan kerugian ditaksir dalam jumlah yang sangat besar.

Sementara itu beberapa orang lainnya juga mengikuti program Safety Check di Twitter. Mereka menggunakan cara sendiri yakni dengan memanfaatkan fitur hashtag #PorteOuverte. Sejauh ini lebih dari 1.500 tweet ber-hashtag #PorteOuverte telah dibagikan dan akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Sampai waktu ini, korban tewas dilaporkan 153 orang akibat dari kejadian mengerikan di kota Paris tersebut. Pembantaian terburuk timbul dari Bataclan dengan 112 korban tewas. Sementara itu 19 orang lainnya dinyatakan gugur di lokasi Rue de Charonne, persis di sebuah bangunan kafe bernama La Belle Equipe. Korban lainnya teridentifikasi tewas di tempat lain.

Saya berharap semoga Anda atau teman dan keluarga Anda dalam status aman dan baik-baik saja. Untuk membantu saudara kita di kota Paris, maka marilah kita bersama-sama membantu mereka lewat fitur Safety Check dan jangan lupa berdoa kepada Sang Pencipta. Saya turut prihatin akan kejadian yang menimpa mereka karena pada awalnya kita semua merupakan saudara.
Tag: Internet

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Safety Check Facebook Menyala untuk Menolong Warga Kota Paris"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF