Solusi 4G LTE yang Terlalu Banyak Makan Kuota Data Internet

Teknologi akses jaringan internet generasi ke-4 yakni 4G LTE (Long Term Evolution) sudah semakin merambah ke berbagai kota di Indonesia pada akhir tahun ini. Pada awal kedatangannya, 4G LTE masih diperkenalkan oleh beberapa operator saja dan hanya sedikit orang yang menggunakannya.

Masyarakat di indonesia yang berada di kota-kota besar kala ini sudah dapat menikmati akses jaringan internet berkecepatan hingga 100 MBPS. Salah satu operator yang sedang berusaha untuk membangun jaringan 4G LTE di kota-kota besar di Indonesia merupakan Telkomsel.

Saat ini Telkomsel sudah mempunyai BTS 4G sebanyak 1.300 dan telah diaplikasikan di 9 kota besar di indonesia. Jumlah konsumen 4G LTE dari Telkomsel diketahui telah mencapai sekitar 1,8 juta user. Jumlah ini dimungkinkan akan terus bertambah bersama dengan diluncurnya jaringan 4G LTE di seluruh kota-kota besar indonesia.

Telkomsel berencana akan memasang kuantitas pengguna masuk ke total 2 juta pengguna. Meskipun demikian, masih ada orang-orang yang takut dengan 4G LTE lantaran anggapan kalau menggunakan 4G LTE maka kuota internet bakal cepat terkuras dan lekas mengurangi energi baterai ponsel mereka.

Ilustrasi bermain ponsel pintar

Saya akan memberi pernjelasan dari hasil penelitian meraka tentu wajar karena kecepatan jaringan 4G LTE terbilang sangat besar dan memungkinkan akan membutuhkan kuota data yang sangat besar dan energi baterai yang cukup banyak ketika mengaksesnya.

Menurut saya ada sejumlah akibat yang menyebabkan kuota data internet dan baterai cepat habis dalam seketika. Seperti background process, dan apalagi aplikasi yang berjalan di latar belakang terlampau selalu membutuhkan kuota data internet dan pastinya aplikasi tersebut juga akan membutuhkan jumlah kuota yang lumayan besar agar tetap terus berjalan.

Oleh sebab itu matikan pemberitahuan aplikasi anda dan cekal pembaharuan otomatis untuk aplikasi. Masalahnya karena proses aplikasi yang berjalan di latar belakang akan cepat menghabiskan kuota data internet dan baterai. Maka saya sarankan anda jangan terlalu sering streaming video dengan high quality di YouTube. Lebih baik anda memutar video dengan akses Wi-Fi yang biasa tersedia di cafe atau atau ditempat lainnya karena bisa menghemat kuota internet. Selain itu, Wi-Fi juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan update aplikasi.

Sementara itu, ada hal lain yang menjadi alasan mengapa mereka tidak menggunakan 4G LTE. Alasan mereka ialah perangkat yang dibutuhkan harus berteknologi tinggi dan harganya pun terbilang relatif mahal daripada perangkat didukung akses 3G dan 3,5G (HSDPA). Itulah sebab lainnya kenapa mereka lebih memilih akses jaringan generasi ke-3 ketimbang 4G LTE yang mempunyai kecepatan akses data lebih cepat dari generasi pendahulunya itu.

Nah, sekarang anda jangan takut akan kemahalan dengan perangkat yang canggih karena sekarang banyak perusahaan teknologi terpercaya yang menjual smartphone 4G LTE dengan harga sangat murah serta hadir dengan beragam merek. Pastinya produk mereka bisa bersaing (kompetitif) dengan produk mahal lainnya. Ada juga perusahaan ponsel yang menyelenggarakan event berhadiah ponsel, tunggu apalagi segera dicoba.

Saya sendiri sedang menabung demi mendapatkan ponsel pintar (smartphone). Kenapa saya ingin membeli smartphone? Saya ingin membelinya karena pusing pinjam sana dan pinjam sini untuk melihat perkembangan dunia. Cari informasi lebih mudah dengan teknologi terbaru, bukan? Semoga saja saya dapat handphone yang bagus. Baiklah, saya ucapkan terima kasih atas kehadiran dan doanya.
Tag: Internet

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Solusi 4G LTE yang Terlalu Banyak Makan Kuota Data Internet"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF