Tulis Artikel Blog Bisa Menggunakan Suara, Dijamin Cepat

Biasanya menulis artikel di blog harus butuh jari-jari tangan untuk merangkai tulisan dengan bantuan keyboard (papan ketik), langkah ini disebut mengetik. Bagi saya, mengetik tulisan merupakan pekerjaan sehari-hari demi berbagi informasi kepada para pembaca di blog ini. Sangat lelah rasanya mengetik seharian untuk menulis artikel, apabila dibandingkan dengan berbicara pasti lebih menyenangkan.

Ilustrasi mengetik dengan keyboard

Saya bertanya-tanya, adakah alat yang bisa membantu saya mengetik tulisan tanpa tangan namun bisa menggunakan hanya dengan memberi suara saja. Iseng-iseng saya mencoba searching informasi di Google ternyata saya berhasil menemukan alat pendikte ucapan yang bisa digunakan secara online. Kita hanya tinggal mengucapkan kata-kata sesuai keinginan dan dimana dengan ucapan yang kita ucapkan tersebut akan dikonversi hingga menjadi teks. Namun, anda harus menggunakan asistensi dari alat berupa microphone atau sejenisnya. Wajar saja, namanya juga berbicara dengan sistem pasti butuh sistem penghantar suara.

Lebih baik Anda melakukannya di rumah atau di tempat yang jauh dari keramaian. Soalnya, sistem akan bingung apabila harus merekam banyak suara. Manusia saja bisa bingung kalau banyak suara yang harus didengar, bukan? Begitu pula dengan sistem buatan manusia, mereka juga bisa bingung. Oh iya, sudah tahu belum apa itu mendikte? Ya, samakan saja dengan apa yang dilakukan oleh guru di sekolah.

Ketika guru mengucapkan kata-kata untuk mengdikte, maka secara otomatis anak muridnya akan menulis ulang apa yang diucapkan guru itu. Dengan cara dikte, guru tidak perlu repot-repot lagi untuk menuliskan materinya di papan tulis. Pada umumnya, guru menulis hal-hal pokok saja di papan tulis, namun guru juga harus memberikan penjelasan secara rinci dengan cara mendikte. Jadi, jika guru tersebut tidak ada, para pelajar akan mudah melihatnya lagi di kertas yang berisi penjelasan hasil dikte dari guru tersebut.

Setelah mengenal apa itu dikte, sesuai pembahasan artikel ini marilah sekarang kita memakai dikte untuk menulis artikel blog. Mengenal waktu yang dibutuhkan antara dikte dengan mengetik pastinya masih lebih lincah mendikte. Jika pada normalnya kita membutuhkan waktu 3 menit untuk mengetik 40 hingga 50 kata, namun dengan alat bantu ini kita bisa membuat 40 kata atau lebih hanya dalam 1 menit saja.

Dictatiom, Online Dictation

Cara menulis artikel blog super cepat dengan Dictation

Nama alat ini merupakan Dictation, anda bisa mencarinya melalui Google Search. Hal utama yang harus dipersiapkan adalah laptop atau komputer yang mempunyai microphone. Jika belum mempunyai microphone, anda bisa membeli di toko ponsel terdekat atau di situs belanja online terlebih dahulu.
 Setelah berhasil membuka dictation, pilih bahasa yang dibutuhkan. Misalnya, saya ingin membuat kata-kata dalam bahasa Indonesia, jadi pilih Bahasa Indonesia.

Kemudian, mulailah melakukan pendiktean dengan cara klik tombol bertuliskan START DICTATION. Pilih Izinkan apabila browser atau peramban web meminta persetujuan penggunaan microphone. Tinggal ucapkan saja kata-kata anda dan sistem akan melanjutkannya untuk dijadikan ke dalam bentuk teks.

Mungkin sampai di sini saja informasi tentang menulis artikel blog yang bisa menggunakan suara dan dijamin cepat. Mudah-mudahan berguna untuk anda semua yang suka menulis artikel blog seperti saya sekarang ini.

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

4 Komentar untuk "Tulis Artikel Blog Bisa Menggunakan Suara, Dijamin Cepat"

avatar

Kalo di Android seperti google voice ya mas...

avatar

Tepat sekali Mas Sonny, identik seperti ketika kita memerintahkan pencarian dengan fitur suara.

avatar

pengucapannya harus jelas, seperti belajar tajwid ja.:)

avatar

Kalau pengucapan tidak benar, maka sistem cenderung tidak dapat mengerti. :P

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF