5 Makanan ini Dapat Mencegah Radikal Bebas

Makanan-makanan yang kita hidang dan oksigen yang kita hirup setiap hari tentu memicu radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan tubuh dalam tempo yang panjang. Maka demi keselamatan kita harus mengatasinya, terdapat sejumlah deretan buah-buahan dan sayuran yang bisa Anda makan.

Buah atau makanan yang kaya vitamin C dan vitamin E seperti jeruk dan pear, kedua buah ini sangat berperan unggul dalam menetralisir dan menghancurkan radikal bebas. Buah jeruk dan buah pear diperkaya oleh zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Berikut Librasbr.Com rangkum lima macam buah-buahan dan sayuran yang efektif tuntaskan radikal bebas, turut dengan penjelasannya.


Jeruk mandarin segar.

1. Alpukat

Buah yang memiliki daging berwarna dasar hijau ini bisa mengatasi dan melawan keburukan radikal bebas pada tubuh kita. Terlebih, alpukat bisa menetralisir racun dari sistem pencernaan dalam tubuh seperti organ hati, jadi cocok untuk kesehatan tubuh Anda.

2. Sayuran hijau

Berbagai jenis sayuran sehat seperti brokoli, kubis, dan bayam merupakan makanan yang tepat untuk membersihkan dan melenyapkan racun dari organ hati Anda. Maka makanlah sayuran hijau dan segar tersebut dengan cara dijus karena organ hati anda akan dapat dengan lancar menyerapnya.

3. Apel

Buah apel berfungsi juga dalam sistem detoksifikasi hati anda. Apabila anda rajin mengonsumsi buah apel setiap hari, niscaya menjadikan racun yang terdapat di dalam hati anda lenyap.

4. Jeruk

Memang tidak diragukan lagi kalau buah jeruk memang kaya akan vitamin C karena memiliki antioksidan dan kaya akan serat yang sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan organ pencernaan. Adapun khasiat lainnya yakni bisa menyaring zat-zat berbahaya pada organ hati serta melindungi daya kolesterol agar tetap terjaga.

5. Pear

Buah pear cocok untuk menangkal radikal bebas lantaran memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin C yang memadai. Vitamin C mempercepat pertumbuhan sel darah putih yang dipercaya dapat mencegah infeksi, menghilangkan bibit penyakit dan mikroba, serta membantu efektivitas vitamin E. Vitamin E adalah antioksidan yang larut lemak (Hydrophobic), sementara vitamin C merupakan antioksidan yang larut air (Hydrophilic).

Kedua vitamin ini harus saling bekerjasama karena tanpa adanya vitamin C, vitamin E dapat mengalami redoks (reaksi reduksi) yang disebabkan oleh radikal bebas. Makan buah pear pun bisa mencegah kerusakan pada organ hati Anda. Glutathione yang terkandung dalam buah pear sangat dibutuhka metabolisme hati yang bermanfaat untuk menurunkan kadar racun serta berperan menjadi antioksidan yang penting bagi kesehatan tubuh. Makan buah yang tinggi akan glutathione dapat menurunkan 36 persen pemicu penyakit pada organ hati.

Itulah 5 jenis makanan yang dapat mencegah radikal bebas. Dengan banyak mengonsumsi makanan yang sudah diperkaya nutrisi seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin C, maka dapat menurunkan gangguan dan bahaya radikal bebas. Jadi, kita seing-sering rajin konsumsi buah-buahan dan sayur -sayuran yang segar mulai waktu ini agar anda selalu dalam keadaan sehat wal'afiat tanpa radikal bebas.
Tag: Health

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "5 Makanan ini Dapat Mencegah Radikal Bebas"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF