Cara Alami yang Ampuh Hindari Gigitan Nyamuk

Melepas letih sambil rileks di luar ruangan pada saat suasana sedang berawan atau mendung sungguh mengasyikkan. Namun, suasana semacam saat ini pasti mengundang ramainya nyamuk yang bisa sangat mengganggu kenyamanan, terlebih bisa memicu penyakit serius terutama Chikungunya dan DBD (Demam Berdarah Dengeu).

Bunga Lavender yang Mekar Berwarna Biru

Sejumlah serangga khususnya nyamuk yang bergentayangan di sekeliling kita bisa menaburkan sejumlah keburukan yang berbahaya bagi kesehatan antara lain, chikungunya, malaria, serta demam berdarah dengeu atau disingkat DBD. Maka dari itu, mengawasi situasi tempat, keluarga, serta pribadi Anda merupakan ketentuan yang harus diutamakan. Anda dan keluarga dapat mencoba beberapa usaha alami berikut.

Kenakan kelambu
Memanfaatkan kelambu ketika terbaring di kasur dan hendak istirahat, sebagaimana yang sudah diwariskan secara turun-temurun oleh orang tua kita sejak waktu silam, merupakan usaha yang sangat terjamin demi mencegah diri daripada sengatan nyamuk pada saat tidur. Memakai kelambu ketika tidur merupakan cara yang sangat sederhana untuk menghindari sengatan nyamuk biasa, terlebih lagi nyamuk penyebab malaria. Selain itu, kelambu terbilang sangat murah dan dapat dengan mudah diperoleh karena saat ini sudah banyak yang menjualnya.

Membakar kamper
Masyarakat India kerap menggunakan kamper sebagai anti nyamuk. Mereka selalu menerapkannya dengan cara membakar kamper di dalam ruangan karena dipercaya bisa mencegah kehadiran nyamuk. Sesudah dibakar, diamkan di ruangan untuk sementara waktu yaitu sekitar kurang lebih 15 menit supaya asap yang ditimbulkan dapat bereaksi ampuh.

Menanam bunga anti nyamuk
Terdapat beragam jenis bunga yang ada di belahan bumi ini. Yang paling sering dilirik dari bunga adalah unsur estetikanya, namun selain keindahaan ada pula beberapa jenis bunga yang dipercaya dapat mengatasi gangguan gigitan nyamuk. Tumbuhan bunga yang sering digunakan untuk mengusir nyamuk antara lain, zodia, lavender, rosemary, akar wangi, kecombrang, suren, serai wangi, marigold, geranium, citrosa mosquito, daun sirih, dan lain sebagainya. Bunga ini dapat ditanam di sekitar pekarangan rumah yang dirasa rentan sebagai tempat tinggal nyamuk atau ada yang cocok ditaruh di dalam ruang tamu. Selain indah, ternyata bunga juga dapat berkhasiat efektif mengusir nyamuk.

Bawang putih
Larutan dari salah satu bahan dapur ini dapat berfungsi ampuh untuk membubarkan kerumunan nyamuk lantaran wanginya yang sangat menyengat. Anda dapat membuatnya dengan teknik yang sederhana, yakni dengan menumbuk sejumlah bawang putih hingga hancur dan panaskan bersama air dan kemudian tinggal digunakan dengan cara menyemprotkannya di sekitar ruangan yang diduga sebagai tempat bersarangnya nyamuk. Nah, kalau masih ada nyamuk yang masih berkeliaran tinggal disemprot saja dengan cairan bawang putih ini.

Itulah beberapa tips ampuh mengusir nyamuk dengan cara alami. Kekayaan alam memang sangat membantu kita dalam segala urusan termasuk mencegah penyakit dan mengusir serangga pemicu penyakit seperti nyamuk. Semoga para pembaca bisa tenang dari bahaya nyamuk dengan melakukan cara yang termasuk di atas tadi.
Tag: Health

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

2 Komentar untuk "Cara Alami yang Ampuh Hindari Gigitan Nyamuk"

avatar

Bisa dicoba nih :D
Tapi baunya apa gk nyengat trus ganggu tidur kang?

avatar

Anggap saja seperti lotion nyamuk, wanginya tidak disukai nyamuk tetapi tidak untuk kita. :-d

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF