Begini Cara Menyusun Tulisan Artikel Blog dengan Rapi dan Sopan

Di dalam artikel yang saya posting pada kesempatan ini akan membahas tentang cara menyusun dan merapikan tulisan artikel blog dengan alignment justify. Penjajaran untuk tulisan artikel blog terdiri dari 4 bagian yakni, rata kiri (align left), rata tengah (align center), rata kanan (align right), dan justify. Setiap perataan memiliki kegunaan masing-masing dan jenis perataan yang sering digunakan merupakan rata kiri.

Align left atau bahasa indonesia nya rata kiri biasa digunakan untuk paragraf tertentu di bagian isi postingan artikel dan subjudul yang seperti saya buat ini. Perataan jenis Alig left tidak perlu diatur secara manual lagi oleh kita karena sistem telah menjadikannya sebagai default setting. Secara fungsional, semua jenis perataan ini memiliki tujuan yang sama sebagai pengelola letak tulisan. Namun, letak tulisan pastinya akan berbeda-beda termasuk pemodelan rata kiri, rata tengah, rata kanan, dan justify.

Cara menulis artikel blog menjadi bagus dan rapi

Jenis-jenis perataan (penyelaras) pada tulisan

Rata kiri, merupakan tulisan kalimat yang baik dengan paragraf yang diterapkan dengan perataan ini akan tampak lebih enak untuk dibaca dari satu sisi saja yaitu sisi kiri saja. Namun, jika dilihat paragrafnya maka akan tampak batasan tulisan di sisi kanan terlihat tidak rapi dengan adanya tulisan yang panjang dan ada yang pendek. Berbeda jika kita lihat dari kiri, tulisan tersebut terlihat merata (rapi) dan sopan.

Rata tengah, merupakan posisi tulisan rata tengah berad perataan di tengah. Jika dilihat, paragraf yang mengandung tulisan yang diratakan tengah akan memiliki pinggiran yang tidak sejajar. Posisi yang tidak sejajar ada dua yaitu bagian kiri dan kanan.

Rata kanan, merupakan kebalikan dari rata kiri. Jika rata kiri cenderung nyaman dipandang dari bagian kiri maka rata kanan akan enak dipandang di bagian kanannya. Jadi, hanya batasan pinggiran bagian kananlah yang terlihat rapi.

Justify, saya akui perataan tulisan dengan justify ini sangat baik. Karena, tulisan akan terlihat enak dibaca dan dipandang dari sisi manapun. Semua batasan pinggiran akan tersusun rapi. Tulisan di artikel ini contohnya juga menerapkan justify sebagai model tulisannya. Bagaimana menurut anda se mua? Sangat rapi, bukan?

Setelah melihat penjelasan maka kita dapat memperoleh kesimpulan bahwa :
  • Rata kiri adalah tulisan merata ke kiri.
  • Rata tengah adalah tulisan merata ke tengah.
  • Rata kanan adalah tulisan merata ke kanan.
  • Justify adalah tulisan merata ke seluruh sisi.

Penggunaan justify sering saya gunakan untuk meratakan tulisan artikel blog lantaran membuat tulisan artikel blog menjadi rapi dan bagus. Pembaca banyak yang menyukainya dan merasa senang dengan tulisan di blog ini karena tulisannya telah disusun secara kompeten. Selain untuk tulisan artikel blog, saya juga sering mengaplikasikannya untuk tugas kuliah. Justify bukan cuma tersedia di editor posting blog tetapi juga ada di Microsoft Word.

Bagaimana cara menyusun tulisan artikel blog dengan justify?

Seperti biasa, ketika kita sedang menulis artikel dalam postingan blog ada beberapa tools yang tersedia. Tulis terlebih dahulu tulisan anda sampai satu paragraf, lalu blok paragraf itu dan pilih tool Aligment. Kemudian, di situ terdapat 4 pilihan dan jangan lupa pilih Justify yang berada paling bawah.

Blok paragraf menjadi rapi (justify)

Coba anda buktikan melalui HTML posting blog, paragraf akan diapit oleh dua kode yaitu kode pembuka keselarasan teks justify dan kode penutup. Jika betul, maka artinya tulisan pada paragraf tersebut telah berhasil diratakan dengan model justify. Tentunya, tulisan artikel anda akan menjadi rapi dengan menggunakan perataan justify. Sekarang, anda bisa mulai membuat artikel blog lebih rapi dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Efek penggunaaan dari tulisan justify akan berpengaruh pada setiap perangkat khususnya Handphone Android. Saya sendiri sudah mengeceknya di smartphone Android milik teman, semuanya berfungsi sesuai keinginan. Mungkin Sekain dulu dari saya artikel tentang cara menyusun tulisan artikel blog dengan rapi dan sopan, semoga bermanfaat untuk anda.

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

6 Komentar untuk "Begini Cara Menyusun Tulisan Artikel Blog dengan Rapi dan Sopan"

avatar

wah saya belum pernah kepikiran pake text alignment Justyify ini, langsung saya coba deh

avatar

mantap gan :D bisa dapat ilmu baru nih tentang kerapian blog

avatar

Bagus itu Mas Putu, rapikan tulisan artikel.

avatar

Selamat belajar deh gan dengan artikel-artikel pengalaman saya. Semoga membantu. :-d

avatar

wah bisa langsung dicoba nih gan buat blog saya nih :)

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF