Kiat Sederhana Mengetahui Total Kata dan Karakter yang Ditulis

Ketika kita sedang menyelesaikan pekerjaan sekolah atau artikel blog dengan memanfaatkan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word dan posting editor pada blogger mungkin dirasa perlu mengetahui jumlah kata dan karakter yang telah kita ketikkan pada arsip tersebut. Selain berlebihan, pastinya tindakan ini akan sangat menyusahkan apabila kita mesti menghitung kata-kata yang telah diketik, bahkan jika kata yang kita ketik sudah mencapai lebih dari dua halaman.

Papan ketik yang siap digunakan

Mudah kita sugestikan akan sampai berapa lama durasi yang dihabiskan apabila melakukan penjumlahan kata dengan memanfaatkan cara yang terbilang tidak cepat. Meskipun demikian, kita tidak perlu khawatir karena sesungguhnya ada sebuah alat penyaji fitur yang dapat membantu para penggunanya dalam mengetahui total keseluruhan kata yang telah mereka ketikkan, yaitu lewat alat penghitung kata (Word Counter) di mana fitur ini dapat memudahkan kita untuk bisa mengetahui jumlah kata atau karakter dalam suatu dokumen.

Saya berikan sampel, apabila penulis memerlukan jumlah minimum atau maksimum kata untuk sebuah artikel atau dokumen, penulis tersebut akan mengetahui apakah tulisannya telah memenuhi ketentuan atau tidak. Sangat menggiurkan, bukan? Ingin tahu bagaimana triknya? Berikut ini Admin dari Librasbr.Com akan memberitahukan rahasianya.

Word Counter, si penghitung kata dan karakter tulisan

Apa itu Word Counter? Menurut terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, Word artinya Kata dan Counter artinya Penghitung. Apabila kedua arti tersebut digabungkan, kita akan mudah mengerti arti sebenarnya yaitu Penghitung Kata. Bagaimana langkah penerapannya? Word Counter bisa dicari melalui Google Pencarian, ketikkan saja kata kuncinya maka Google akan menampilkan hasil pencarian yang kita inginkan, kata kuncinya adalah Word Counter. Selanjutnya, kunjungi situs tersebut (http://wordcounter.net).

Kemudian, tempatkan kursor ke dalam tabel dan ketikkan tulisan Anda. Word Counter bakal secara spontan menghitung jumlah kata dan karakter ketika Anda mengetik. Anda pun dapat menyalin dan menyelipkan dokumen yang telah ditulis ke dalam tabel dan secara otomatis Word Counter akan memunculkan jumlah dan karakter pada tulisan tersebut. Detail pokok seperti jumlah kata dan karakter tersebut akan diperlihatkan di atas tabel, dan detail rinci berupa jumlah kata, karakter, kalimat, paragraf, tingkat membaca, waktu membaca, dan kata kunci density akan terlihat di bagian kanan laman atau tepat di sebelah tabel.

Nah, kini anda dapat dengan mudah mengetahui jumlah kata dan karakter dengan cara yang sangat mudah dan menyenangkan. Apabila anda seorang penulis di blog seperti saya, cara ini bisa digunakan untuk menghitung kata-kata dan karakter pada artikel atau tulisan lainnya. Ya, saya sendiri sering menggunakannya untuk mengetahui jumlah kata yang dimuat dalam artikel blog.

Adapun ketika kita mempunyai tugas dari manapun yang mengharuskan agar membuat dokumen dalam jumlah kata tertentu pastinya akan lebih diringankan dengan fitur Word Counter. Selain itu, kita juga tidak lagi mengkhawatirkan akan pertanyaan yang timbul tentang berapakah jumlah kata yang telah kita tuliskan pada suatu dokumen, apalagi dokumen tersebut sudah berlembar-lembar banyaknya.

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

4 Komentar untuk "Kiat Sederhana Mengetahui Total Kata dan Karakter yang Ditulis"

avatar

Berarti selama ini saya salah bro, saya pake Office Buat liat Total kata dalam postingan blog.

avatar

Tidak juga, kelebihan menggunakan MS Word yakni bisa secara offline, namun caranya agak ribet. Saya pikir dengan alat seperti Word Counter kita bisa menghemat waktu.

avatar

Good work .. I am from http://www.pbtricks.com

avatar

Dulu waktu saya belum tau caranya malahan saya hitung satu satu katanya jadinya capek sendiri gan hahaha...

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF