Manfaat Buah Durian yang Perlu Diketahui

Ciri khas unik dari buah durian adalah dagingnya yang tebal, bagi sebagian orang yang senang menikmatinya pasti merasa buah ini sangat nikmat dan aromanya sungguh harum. Buah durian dapat dijumpai di supermarket, tetapi juga ada yang menjualnya di pasar tradisional. Buah yang kaya manfaat ini ternyata asli dari kawasan tropis di Asia Tenggara, Indonesia. Rasanya yang terbilang benar-benar nikmat, membuat banyak negara saling berinovasi untuk memeliharanya dan membudidayakannya. Oleh karena itu, wajar saja sekarang telah ada ratusan jenis buah durian yang dapat kita temui di dunia.

Ilustrasi kue durian yang nikmat

Selain dimakan langsung, buah durian pun kerap diolah menjadi panganan dan minuman seperti kue dan juga es krim. Meskipun dicampur dan divariasikan dengan berbagai bahan makanan tertentu, ternyata tidak membuat kesan kelezatatan asli buah durian ini hilang. Tetapi, buah yang dikenal sebagai raja dari buah-buahan ini tidak hanya gurih, namun juga memiliki sejumlah jenis khasiat atau manfaat untuk kesehatan.

Berikut sejumlah manfaat kesehatan jika menyantap buah durian yang wajib Anda mengerti dari hasil rangkuman Librasbr.Com.

Sumber energi bagi tubuh
Satu porsi dari buah durian atau setara dengan 243 gram dapat memenuhi 20 persen keperluan tubuh Anda terhadap karbohidrat setiap harinya. Tidak aneh apabila buah ini sering digunakan untuk salah satu santapan ketika sedang diet. Terlebih, untuk para atlet olahraga yang memerlukan energi tambahan, mereka sering mencari-cari buah ini untuk kemudian dikonsumsi.

Tinggi serat
Per porsi durian memuat 9 gram serat yang dapat memenuhi 37 persen keperluan serat harian tubuh Anda. Terhitung sangat besar kuantitas tersebut untuk persentase kebutuhan serat kita.

Kaya akan lemak dan kalori
Satu porsi dari buah durian memuat 350 lebih kalori serta 13 gram lemak. Tetapi, lemak ini bukanlah lemak jenuh melainkan lemak dari buah durian adalah lemak yang baik bagi kesehatan.

Kaya dengan vitamin C
Buah durian diyakini tinggi dengan kandungan vitamin C. Sebagaimana kita pahami, vitamin C dapat memulihkan dan mempercepat proses penyembuhan luka, menghilangkan kolesterol serta menambah kenormalan aliran darah.

Kaya akan zat besi dan tembaga
Zat besi dan tembaga dipercaya dapat membantu penyusunan sel darah merah, sebagai antioksidan, membantu sistem kinerja saraf, mengontrol sistem oksigen, dan lain sebagainya. Peran zat besi dan tembaga memang sangat penting untuk tubuh khususnya dapat mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh defisiensi tembaga. Anda juga dapat menyantap buah durian demi memperoleh khasiat bagus ini. 

Tinggi kalium
Untuk mengendalikan tekanan darah, memelihara kadar natrium dan menormalkan detak jantung dibutuhkan kalium. Buah durian diyakini sebagai salah sebuah tumbuhan alami yang tinggi akan kalium.

Mengandung banyak asam folat
Asam folat diyakini dapat mengatasi penyakit jantung dan mengontrol fungsi otak secara efektif. Anda dapat memperoleh khasiat ini dengan cara menyantap buah durian.

Nah, semoga beberapa manfaat buah durian tadi dapat menambah informasi dan wawasan Anda tentang buah durian. Makanlah buah-buahan secara teratur sehingga dapat menyeimbangkan kebutuhan tubuh dan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan diri Anda dan keluarga.
Tag: Health

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

4 Komentar untuk "Manfaat Buah Durian yang Perlu Diketahui"

avatar

Wahh, ternyata banyak juga manfaat Durian.
Harus mulai coba nih :D

avatar

Tentu, rasanya enak dan kaya manfaat. Patut dicoba. :D

avatar

Izin nyimak Mas...

BTW pendaftaran GA sudah berjalan berapa lama... ?

Salam kenal...

avatar

Senasib juga Mas, dari tanggal 2 Desember dikaitkan ke blog.

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF