Manfaat Cengkeh Ini Bikin Anda Takjub

Cengkeh tidak hanya belaka sebagai bumbu dapur atau rempah-rempah untuk menambah kelezatan pada hidangan. Selain daripada itu, ternyata cengkeh memiliki limpahan manfaat bagi kesehatan apabila mengonsumsinya.

Cengkeh dikenal memiliki kandungan mineral berupa kalsium, kalium, magnesium, natrium, fosfor, zat besi, serta seng. Rempah-rempah yang khas dengan warna cokelat ini pun memiliki kandungan nutrisi vitamin A, B6, C, D, E, dan K, thiamin, niacin, serta folat.

Cengkeh

Pada cengkeh juga terkandung antioksidan flavonoid, wuthenol benzena, heksana, timol, serat asam lemak, methalyne, serta zat aktif berupa Eugenol. Manfaat Eugenol adalah untuk membersihkan racun pada tubuh dan bisa menangkal radang sendi bahkan kanker.

Segala unsur maupun nutrisi pada cengkeh itulah yang dapat memberikan khasiat bagi kesehatan. Belum lama ini, ada studi yang menyatakan bahwa cengkeh dapat mencegah tekanan darah sehingga normal kembali. Berikut sejumlah khasiat mengagumkan dari cengkeh.

Menangani masalah pencernaan
Cengkeh bisa menambah sekresi getah pencernaan. Cengkeh diketahui dapat mengatasi gangguan seperti perut kembung dan rasa mual. Untuk menuntaskan masalah pencernaan, minumlah air hangat yang dicampur dengan cengkeh bubuk.

Memonitor kadar gula darah pemicu diabetes
Untuk Anda yang terserang kencing manis atau diabetes, makan cengkeh mampu mengatasi peningkatan dan penurunan kadar gula darah agar senantiasa normal. Penelitian berpendapat, usaha untuk mengatasi kadar gula darah yang tidak terkontrol yakni melalui makan ekstrak cengkeh.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh
Cengkeh memiliki zat yang bisa menambah sistem kekebalan tubuh melalui upaya memacu produksi sel darah putih (leukosit).

Terlebih, tanaman alami ini bisa memperlambat reaksi hipersensitivitas. Maka dari itu, rajin mengonsumsi cengkeh sesuai ketentuan akan bisa mempertahankan kesehatan tubuh supaya tidak cepat sakit.

Menurunkan sakit kepala
Cengkeh diyakini mampu meredakan rasa sakit kepala selama sementara waktu. Caranya sangat mudah, teguklah segelas susu yang diseduh bersama cengkeh bubuk dalam jumlah yang diperlukan. Cara ini terbilang tepat dalam mengatasi rasa pusing pada kepala Anda dengan segera.

Menghilangkan rasa sakit gigi
Cengkeh ternyata dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi serta masalah mulut lainnya semacam gingivitis atau dikenal sebagai radang gusi sampai periodontitis (radang gusi parah), yakni infeksi pada daerah sekitar gigi (periodontal). Sejumlah upaya alami yang sering dilakukan pada masa lalu untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi, yakni dengan memberi tetesan minyak cengkeh pada area sekitar gigi.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda pahami dari cengkeh. Selain berfungsi sebagai rempah-rempah, cengkah juga memiliki khasiat bagus bagi kesehatan. Baiklah, semoga informasi tentang manfaat cengkeh ini bisa berguna untuk Anda.
Tag: Health

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Manfaat Cengkeh Ini Bikin Anda Takjub"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF