Mendikbud Siap Menerapkan "Full Day School"

Rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang rencana sekolah seharian ( Full Day School ) memang bukan sekedar omong kosong. Pak Muhadjir sebagai Mendikbud siap menerapkan ide tersebut dalam waktu dekat. Namun banya kalangan masyarakat menganggap konsep itu tidak efektif dan bisa membebani siswa disekolah.
Mendikbud Siap Menerapkan "Full Day School"

Menanggapi hal tersebut, Muhadjir menilai bahwa Full Day School bisa membuat siswa senang karena seharian sekaloh anak Sekolah Dasar ( SD ) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) dengan program ini siswa akan mendapatkan 80% pendidikan karakter sedangkan 20% pengetahuan alam untuk Sekolah Dasar. 

Untuk SMP sendiri 60% pendidikan karakter, 40% merupakan pendidikan pengetahuan alam. Menurut Muhadjir Full Day School merupakan pemberian jam tambahan yang akan diisi oleh kegiatan ektrakulikuler sehingga siswa tidak merasa bosan disekolah. 

Manfaat lain dari Full Day School bagi orang tua yang tinggal dari perkotaan bisa menjemput anak mereka karena pada umumnya mereka bekerja dari pagi hingga jam 5 sore. " Sekarang ini siswa pulang jam 1 siang namun setelah itu orang tua tidak bisa mengawasi mereka karena belum pulang kerja" Kata Muhadjir.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Full Day School bisa membuat para guru mendapatkan 24 jam durasi mengajar dalam seminggu sehingga bisa mendapatkan sertifikasi guru sebagai syarat. Dengan demikian siswa akan terhindar dari pengaruh negatif dari dunia luar seperti norkoba, tawuran antar pelajar dan masih banyak lagi. 

Menurut Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama " Sebetulnya ide Full School Day tidak ada masalah jika diterapkan, namun hanya saja banyak gedung sekolah yang digunakan untuk dua sekolah " tambahnya. Namun Mendikbud ingin mengkaji terlebih dahlu sebelum menerapkannya untuk SD dan SMP.
Tag: Pendidikan

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Mendikbud Siap Menerapkan "Full Day School""

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF