Definisi Algoritma, Pseudu Code, dan Flowchart

Halo semua apa kabar sahabat Librasbr.com ? saya harap kalian baik-baik saja karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artkel tentang Definisi atau pengertian dari Algoritma Algoritma , Pseudo Code dan Flowchart yang merupakan suatu bahasa pemrograman. Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini :

Definisi Algoritma 

Algoritma merupakan suatu penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata Logika ( logis ) adalah kata kunci dari algoritma sehingga dapat ditentukan bernilai benar atau salah. Sedangkan untuk kata Algoritma sendiri berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi, ilmuan asal Persia yang menulis kitab Al jabr w’al-muqabala sekitar tahun 825 M.



Untuk kamus indonesia Algoritma merupakan urutan atau susunan yang logis dalam pengambilan pemecahan masalah. Definisi menurut ilmu komputer Algoritma merupakan diskripsi langkah-langkah logis pemecahan masalahsecara sistimatis, rinci dan jelas, sehingga bila dilakukan saat dalam kondisi awal tertentu dan akan berakhir dalam selang waktu terbatas maka akan menghasilkan keluaran seperti yang diharapkan.

Bahasa Pemrograman Algoritma

Untuk melaksanakan suatu algoritma diperlukan suatu bahasa pemrograman, misalnya bahasa pemrograman Pascal, C++, Basic, PHP dan masih banyak lagi. Notasi algoritma bisa diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman seperti apapun, dengan ini notasi algoritma bersifat independen.

Definisi Pseudo-code



Pseudo-code merupakan kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) suatu penjelasan cara menyelesaikan sebuah masalah. Pseudo-code sudah sering digunakan oleh seorang programer untuk menuliskan algoritma dalam suatu permasalahan. Pseudo Code juga merupakan urutan suatu baris algoritma seperti kode pemrograman dan tidak memiliki sifat yang baku. Pseudo Code lebih umum dipakai oleh programmer yang sudah berpengalaman.

Namun, flowchart lebih mudah dimengerti oleh programmer yang pemula seperti saya ini, pseudo code sangat mudah diimplementasikan ke dalam kode program dibandingkan dengan flowchart. Kita bisa bebas menulis pseudo code selama itu mudah dimengerti oleh masyarakat umum. Akan tetapi disarankan untuk menggunakan keyword yang mudah digunakan misalakan if, then, else, while, do, repeat, for, dan lain-lainnya.

Definisi Flowchart 


Flowchart merupakan suatu representasi secara diagram yang mengilustrasikan urutan dari operasi yang dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil suatu program. Flowchart membantu kita untuk mengerti dan melihat bentuk algoritma dengan menampilkan algoritma dalam simbol-simbol gambar atau logo.

Flowchart bukanlah sebuah kerangaka yang berpikir seperti algoritma ataupun pseudocode flowchart secara umum adalah sebuah bentuk gambar ataupun diagram yang memiliki arah satu atau dua arah yang berlaku secara sekuensial atau berkesinambungan. Manfaat dari flowchart merupakan dengan menggambar suatu desain program dalam merepresentasikan sebuah program atau sistem yang akan kita buat, berdasarkan pola berpikir kita (berdasarkan algoritma).

Demikianlah artikel tentang Definisi Algoritma, Pseudo Code, Flowchart semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Definisi Algoritma, Pseudu Code, dan Flowchart"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF