Susahnya Koneksi Intenet di Pelosok Desa


PENDAHULUAN

Sekarang ini perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi meningkat dengan cepat, terutama dalam hal jaringan internet. Internet merupakan teknologi jaringan raksasa yang telah menjadi kebutuhan manusia dalam mencari informasi dan komunikasi. Internet mempunyai kelebihan sebagai media informasi dan komunikasi di bandingkan dengan media lain adalah informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global.

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Salah satunya yang tersedia di internet: (1) Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. (2) Informasi untuk kehidupan profesional atau pekerjaan : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi. Satu hal yang paling menarik ialah dari internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran.

Mengakses internet adalah sebuah kegiatan yang berkaitan dengan interaksi user dengan komputer yang telah terkoneksi dengan internet akses internet bisa menggunakan berbagai macam seperti media computer pribadi, handphone, tv kabel dan lain-lainnya. Di Indonesia sendiri yang merupakan salah satu negara tropis memiliki banyak daerah yang terpencil atau pedalaman yang sangat susah sekali dijangkau koneksi internet. Yang saya maksud di pedalaman atau terpencil adalah area yang tidak terjangkau Kabel Telepon PT.Telkom atau sudah ada kabel tetapi tidak memenuhi syarat terkoneksi menggunakan SPEEDY dan juga tidak mendapatkan signal Flexi, GPRS, EDGE apalagi HSDPA.

Penyebab susahnya koneksi internet di pelosok desa di indonesia ialah penggunaan fasilitas internet di desa ini memiliki keterbatasan dibandingkan penggunaan internet di kota. Masalah yang dihadapi didaerah perdesaaan dalam masuknya internet ini kurangnya infrastuktur telekomunikasi di berbagai daerah dan desa di Indonesia. Hal ini disebabkan program pembangunan yang tidak merata, serta tingginya kasus korupsi di Indonesia yang menghambat pembangunan. Peran serta pemerintah menjadi sangat penting dalam rangka memberikan fasilitas internet ke berbagai wilayah pelosok desa yang ada di indonesia.

Salah satu cara penanganan kendala ini adalah adanya rencana pemerintah melalui Departemen Komunikasi dan Informatika yang menargetkan semua desa di penjuru nusantara sudah terkoneksi internet. Hal ini merupakan langkah progresif yang patut didukung oleh berbagai pihak untuk dapat direalisasikan secepatnya. Pasalnya dengan masuknya fasilitas internet ke setiap desa di semua wilayah Indonesia maka masyarakat yang hidup di pelosok, yang selama ini selalu tertinggal mendapatkan informasi tak akan lagi mengalami masalah tersebut. Hal inilah yang mendasari rencana besar untuk daerah pelosok guna mendapat fasilitas internet yang memadai.

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Susahnya Koneksi Intenet di Pelosok Desa"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF