Sistem Informasi




Hallo samua salam sejahtera perkenalkan nama saya Muhammad Saleh pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang  sistem informasi. Sebelum mengetahui sistem informasi pertama-tama mari kita ketahui apa itu sistem dan informasi ?
  • Sistem merupakan sekumpulan komponen" yang saling berhungungan dan berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Salah satu contoh sistem dalam kehidupan sehari-hari yaitu sistem pemerintahan, sistem reproduksi, sistem pencernaan dan masih banyak lagi yang masing" memiliki tujuan tertentu.
  • Informasi merupakan data yang sudah diolah yang bersifat fakta sehingga bisa bermanfaat bagi pengguna atau user.
Maka dapat diperoleh bahwa Sistem Informasi merupakan kumpulan-kumpulan komponen yang saling berinteraksi dan berkerja sama dalam mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyebarkan suatu informasi data yang sudah diolah berisifat fakta sehingga bisa bermanfaat bagi pengguna. Sistem informasi mempunyai beberapa komponen utama yaitu software, hardware, data, brainware dan jaringan. 

Komponen Sistem Informasi :
  • Sofware
    Adalah perangkat lunak yang bisa mengontrol perangkat keras dalam komputer sehingga bisa perangkat lunak bisa menjalankan tugasnya contoh seperti miscrosoft office, word, web browser, windows dan masih banyak lagi
  • Hardware
     Adalah perangkat keras yang merupakan bagian fisik komputer contoh nya mouse, printer, keybord, flasdisk, monitor, processor dan masih banyak lagi.
  • Data
    Adalah sekumpulan informasi yang bersifat fakta 
  • Brainware
    Adalah pemakai atau pengguna komputer itu sendiri
  • Jaringan
    Adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung dalam satu kesatuan melalui melalui internet untuk saling bertukar dokumen atau data.
Hubungan Data dengan Sistem

Sistem merupakan sekumpulan komponen" yang saling berhungungan dan berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu sedangkan data merupakan sekumpulan inforormasi bersifat fakta yang artinya setiap informasi benar-benar apa yang terjadi dan akurat sehingga data dan sistem memiliki hubungan karena data di transformasi menjadi informasi akurat dan benar.

DATA------>>>>PROSES------>>>>INFORMASI

Cara untuk mendapatkan sumber infromasi :
  1. Observasi merupakan pengamatan lapangan secara langsung dalam memantau suatu kejadian
  2. Wawancara merupakan Kita menanyakan secara langsung ke narasumber terhadap masalah yang sudah dipilih.
  3. Kusioner merupakan metode dengan menyiapakan suatu pertanyaan tertulis yang dapat dimuat dalam bentuk kertas maupun eletronik.
  4. kejadian/even (pencatatan, perekemanan, atau penangkapan sinyal digital secara langsung)
  5. Pemodelan (Forecasting, econometic, operational recearch, simulation, heuristic). Pemodelan dapat dilakukan agar mendapatkan penyerhanaan informasi contohnya simulation dapat mengurangi resiko yang akan terjadi.
Ciri-ciri kualitas informasi yang baik dan benar :
  1. Timeline adalah informasi yang harus tepat waktu disaat di butuhkan
  2. Accuracy adalah infromasi harus akurat tidak menyimpang dari pokok permasalahan
  3. Reduced uncertainty merupakan informasi ketidakpastian harus ditekan atau diperkecil
  4. Kualitas Visualisasi merupakan hardcopy, display monitor dan audionya harus dalam kualitas yang baik.
Adapun macam-macam laporan :
  1. Laporan Periodik
  2. Laporan Indikator kunci
  3. Laporan berdasarkan permintaan
  4. Laporan Khusus
  5. Laporan Penyimpangan
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan sedikit tentang sistem informasi semoga bermanfaat dan berguna bagi anda semua. Sekian dan terima kasih

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Sistem Informasi"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF