Komponen-Komponen Sistem Informasi

Hallo semua berjumpa lagi dengan saya yang pada kesempatan kali saya akan menjelaskan sedikit tentang komponen-komponen Sistem Informasi yang terdiri dari Brainware, Software, Hardware, Data, Jaringan dan Prosedur. Namun saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Sistem Informasi ?
  • Sistem merupakan sekumpulan komponen" yang saling berhungungan dan berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Salah satu contoh sistem dalam kehidupan sehari-hari yaitu sistem pemerintahan, sistem reproduksi, sistem pencernaan dan masih banyak lagi yang masing" memiliki tujuan tertentu.
  • Informasi merupakan data yang sudah diolah yang bersifat fakta sehingga bisa bermanfaat bagi pengguna atau user.
Sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa Sistem Informasi adalah kumpulan-kumpulan komponen yang saling berinteraksi dan berkerja sama dalam mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyebarkan suatu informasi data yang sudah diolah berisifat fakta sehingga bisa bermanfaat bagi pengguna. Sistem informasi mempunyai beberapa komponen utama yaitu software, hardware, data, brainware dan jaringan. 

Nah setelah mengetahui sistem informasi sekarang kita masuk kedalam komponen-komponen sistem informasi itu sendiri.

Komponen-Komponen Sistem Informasi

  • Brainware adalah pemakai atau pengguna ( user) komputer  yang bertanggung jawab dalam penggunaan komputer itu sendiri.
  • Software ( perangkat lunak ) merupakan suatu intruksi yang bisa mengontrol perangkat keras dalam komputer sehingga bisa perangkat lunak bisa menjalankan tugasnya contoh seperti miscrosoft office, word, web browser, windows dan masih banyak lagi.
  • Hardware adalah perangkat keras yang merupakan bagian fisik komputer contoh nya mouse, printer, keybord, flasdisk, monitor, processor, speaker dan lain-lainnya.
  • Data merupakan sekumpulan informasi yang bersifat fakta.
  • Jaringan merupakan suatu jaringan komputer yang saling terhubung dalam satu kesatuan melalui melalui internet untuk saling bertukar dokumen atau data dan dapat digunakan secara bersamaan oleh sejumlah pemakai komputer.
  • Prosedur merupakan sekumpulan aturan yang dapat digunakan untuk pemrosesan data dalam komputer.

Jenis-Jenis Sistem Informasi

Sistem informasi di berbagai instansi, perusahaan, atau organisasi yang memiliki manfaat bermacam-macam. Ada sistem informasi yang berfungsi untuk mencatat berbagai transaksi atau perubahan data yang terjadi, ada sistem informasi yang berguna untuk menghasilkan berbagai informasi yang digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan, dan ada sistem informasi yang bertugas memandu manajemen untuk mengambil keputusan. Masing-masing dalam fungsi sistem tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk menggolongkan sistem informasi, agar lebih mudah diidentifikasi, dipelajari, dan dikembangkan.

Salah satu jenis-jenis informasi yang terjadi dalam sebuah organisasi terbagi menjadi 3 kelompok : 
  • Sistem informasi pribadi adalah sebuah komputer yang tidak terhubung dengan komputer pemakai yang lain. 
Sistem Informasi Pribadi
  • Sistem informasi kelompok ( workgroup information system ) merupakan suatu cara kerja menghubungkan sejumlah komputer pemakai yang dapat digunakan di dalam departemen melalui sebuah jaringan local area network ( LAN ).
  • Sistem informasi perusahaan ( Enterprise Information System ) merupakan sistem informasi yang tidak terletak pada masing-masing departemen, melainkan berupa sebuah system terpadu yang dapat  di pakai oleh sejumlah kelompok contoh seperti sistem informasi perguruan tinggi yang ada didalamnya seperti pengajaran,keuangan ,dan  kemahasiswaan.

Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputer merupakan suatu pemeta­an atau suatu rencana kebutuhan informasi di dalam organisasi berguna untuk sebagai panutan bagi operasi sekarang atau menjadi cetak biru untuk menjadi arahan di masa yang akan datang. Tujuan darai arsitektur komputer adalah agar bagian dari teknologi informasi dapat memenuhi kebutuhan bisnis strategis organisasi.

Macam-macam Arsitektur terbagi menjadi 3 yaitu : 

1. Arsitektur Tersentralisasi

Arsitektur Tersentralisasi

Sudah ada dan dikenal semenjak tahun 1960-an, dengan mainframe merupakan aktor utama dari arsitektur ini. Mainframe itu sendiri merupakan sebuah komputer yang berukuran lumayan besar yang dapat digunakan untuk menangani data berukuran besar dan dengan ribuan terminal dalam mengakses sebuah data dengan tanggapan yang sangat cepat, dan melibatkan jutaan transaksi sebagai aktor utama yang melakukan semua pemrosesan data. Pemrosesan data arsitektur tersentralisasi adalah terpusat (komputasi terpusat), semua pemrosesan data dilakukan oleh komputer yang ditempatkan di dalam suatu lokasi yang dilakukan untuk melayani pemakai dalam suatu organisasi.

2. Arsitektur Desentralisasi


 Arsitektur Desentralisasi

       
Arsitektur desentralisasi adalah konsep dari pemorosesan data tersebar (terdistribusi) atau biasa disebut sebagai komputasi tersebar. Terdiri dari sejumlah komputer yang tersebar sudah keberbagai lokasi yang sudah dihubungkan dengan sarana telekomunikasi, masing-masing komputer dapat melakukan pemrosesan secara mandiri tetapi saling berinteraksi dalam pertukaran data.

3. Arsitektur Client/Server

Arsitektur Client/Server


Client adalah sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke server, sedangkan server merupakan suatu sistem yang menjadi pusat data yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client. Dengan menggunakan arsitektur client ini sistem informasi dapat dibangun dengan menggunakan perangkat lunak gado-gado.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mohon maaf apabila ada kesalahan. Sekian dan terima kasih

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Komponen-Komponen Sistem Informasi"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF