Tugas 2 MPPL


Pengertian Proyek ?

Proyek adalah suatu aktivitas kerja temporer, one time event dengan memiliki kreteria yaitu

1. Memiliki awal dan akhir 
Suatu proyek pasti memiliki awal dan akhir karena awal dalam proyek memilik perencanan dalam memulai dalam membangun proyek seperti dalam hal biaya, team, target dan  waktu sedangkan untuk akhir adalah tujuan dari proyek tersebut sudah tercapai.

2. Memiliki jadwal, biaya dan batasan kualitas 
Dalam hal ini jadwal adalah tidak hanya mencakup waktu saja dalam kegiatan suatu proyek pengerjaan, namun juga mencakup jadwal pengguanaan resource, jadwal kerja dan lain-lainnya. Untuk biaya proyek harus menyesuaikan bajet yang sudah ditentukan dalam pembangunan sedangkan batasan kualitas yaitu pencapain untuk di tahap akhir pengerjaan proyek itu sendiri sehingga proyek bisa bisa dikatakan berhasil jika memiliki kualitas pencapain yang lebih namun tidak boleh kurang kualitas yang sudah ditentukan 

3. Merupakan usaha yang spesifik dan ada batasan-batasan
Proyek bisa dikatakan usaha yang spesifik jika proyek tersebut memiliki tujuan ( goal ) yang sudah dicapai sehingga dalam membangun proyek juga memiliki batasan-batasan resiko yang dapat menyebabkan kegagalan membangun proyek sehingga dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam membangun proyek untuk itu disarankan sesaui prosedur yang sudah ditentukan.

4. Memiliki sejumlah scope yang harus dilaksanakan.
Scope sendiri adalah suatu batasan dimana dalam proyek dibutuhkan pengerjaan yang sudah jelas dan pasti yang hanya dikerjakan proyek yang sudah ditentukan sehingga tidak dibolehkan melakukan pengerjaan proyek yang tidak sesuai proyek yang dapat menghambat keberhasilan proyek.

Karekteristik Proyek 
  • Proyek dibangun secara progressive elabarotion, mulai dengan defenisi yang luas, secara bertahap sehingga proyek jelas.
    Progressive elaboration merupakan karakteristik suatu proyek yang berhubungan dengan dua hal sebelumnya yaitu sementara dan unik.
  • Proyek membutuhkan suatu sumber daya dari beragam area, hardware, software dan lainnya
    Proyek membutukan sumberdaya yaitu tediri dari waktu, uang, orang dan teknologi ( hardaware atau software ) yang ada dari berbagai area. Perusahaan akan melakukan kontrak dengan konsultan untuk mendapatkan suatu masukan (input). Sumberdaya memberikan arti untuk pencapaian tujuan dan juga bertindak sebagai hambatan dalam proyek.
  • Proyek harus punya customer atau sponsor yang dapat arahan dan pendanaan.
    Meskipun suatu proyek mempunyai banyak stakeholders suatu proyek seharusnya mempunyai sponsor utama yang sudah yang jelas dan pasti karena sponsor mungkin kepemilikan konsumen atau klien yang mempunyai kemampuan dan keinginan untuk memberikan arahan, biaya dan sumberdaya lainnya ke proyek 
  • Proyek memunculkan ketidakpastian sebab kesulitan dalam memastikan obyektif, estimasi penyelesaian, dan menetukan suatu biaya.
  • Proyek lengkap jika goalnya tercapai.
    Proyek bisa dikatakan complete atau lengkap jika tujuan dari proyek tersebut tercapai.
  • Keberhasilan proyek yang dicapai jika bisa mempertemukan bahkan melebihi pencapaian dari stakehlder
Projek stakeholder sendiri merupakan pemeran dari dalam setiap suatu proyek yang terdiri dari:
  1. Project sponsor adalah pemilik pekerjaan yang tidak tidak terlibat dalam proyek
  2. project manager adalah yang bekerja dalam seluruh stakeholder lainnya.
  3. Project team adalah orang yang bekerja sama dalam proyek secara berkelompok.
  4. Support Staff
  5. Supplier adalah orang yang mencari dan mensurvey dalam proyek tersebut
  6. Environment
  7. Executive adalah orang yang akan membuat suatu keputusan dalam proyek yang bisa dikatakan tugas ini merupakan level paling atas dalam suatu proyek.
Pengertian Manajemen ?

Manajemen sendiri dalam proyek merupakan mengolah,melatih dan mengarahkan.

  •  The Magic Triangle
Dalam mengelolah triple constaint memiliki suatu batasan dalam proyek manajemen antara lain :
  1. Cost ( Bajet ) merupakan salah satu batasan dalam membangun proyek yang berhasil membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam menyelesaikan proyek.
  2. Time merupakan batasan waktu dalam menyelesaikan proyek dan terdapat juga penjadwalan pengerjaan proyek
  3. Scope merupakan target yang dicapai dalam proyek seperti layanan atau produk sesuai permintaan stakeholder.

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk memperoleh kiriman artikel teraktual dari librasbr.com tepat di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Tugas 2 MPPL"

KETENTUAN BERKOMENTAR

↳ Berkomentarlah sesuai isi dan topik artikel
↳ Dilarang menyisipkan PRANALA (link) AKTIF